Launching Gerakan 26 Juta Masker, Mendagri Harapkan Peran PKK dalam Pembagian dan Sosialisasi tentan


 2020-08-10 |  Root

Bupati Nganjuk Mas Novi dan Ketua TP PKK Mbak Yuni Sophia mengikuti video conferrence (Vidcon) dalam acara Launching Gerakan 26 Juta Masker se-Provinsi Jawa Timur, Jumat (7/8/2020) di Ruang Rapat Peringgitan. Gerakan ini dilaunching langsung oleh Mentri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dari Pendopo Agung Kab. Malang, dan dihadiri oleh Ketua Umum TP PKK Ibu Tri Tito Karnavian, Gubernur Jatim Kofifah Indar Parawansa, Ketua TP PKK Prov. Jatim Ibu Arumi, serta seluruh Bupati/Walikota seluruh Jatim. 

Dalam sambutannya, Mendagri menyampaikan pesan Presiden RI Joko Widodo, agar Ibu-Ibu PKK digerakkan untuk membagi masker sekaligus mensosialisasikan penggunaan masker yang benar. "Salah satu pencegahan penularan yang paling efektif adalah penggunaan masker, namun kenapa masih banyak orang yang tidak pakai masker, menurut hipotesa saya (karena belum ada penelitian resmi), ada dua hal, yang pertama mungkin karena mereka memang tidak mau, ini bisa karena kurang sosialisasi pentingnya fungsi masker, atau yang kedua karena ekonominya rendah sampai tak mampu beli masker, disinilah kita harus bergotong-royong, termasuk ibu-ibu PKK yang saya harap bisa memberikan masker langsung dor to dor sekaligus mensosialisasikan pentingnya penggunaan masker," jelas Tito. 

Ketua Umum TP PKK Ibu Tri Tito Karnavian juga mengatakan hal yang sama. "Kebetulan sekali belum lama ini ada gerakan satu juta masker di tiap daerah, ini memudahkan kita sebagai anggota PKK, karena maskernya sudah ada, mari kita luangkan waktu dan tenaga untuk ikut dor to dor membagikan masker serta sosialisasi ke warga," ajaknya. 

Gubernur Jatim mengatakan, salah satu gebrakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam menekan angka penyebaran COVID-19 adalah pembagian masker yang massive. Kofifah sendiri menghimbau kepada seluruh Kabupaten/Kota se-Jatim untuk menyiapkan masker. "Saya dapat laporan, Kab. Malang menyiapkan 2 juta masker, Walikota Malang 1,5 juta, Pemprov sendiri 4,5 juta, dan daerah-daerah lain rata-rata 500 ribu masker sehingga jika ditotal mencapai 26 juta," jelasnya. 

Launching ditandai dengan penyerahan masker secara simbolis ke beberapa lapisan masyarakat dan diikuti oleh seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Begitu pula Bupati dan Ketua TP PKK yang menyerahkan masker secara simbolis ke lima orang perwakilan masyarakat.